Cara Merawat Ayam Broiler Agar Cepat Besar

Cara Merawat Ayam Broiler Agar Cepat Besar

Cara merawat ayam broiler agar cepat besar memang bisa dikatakan susah-susah gampang. Jika para peternak dapat mengoptimalkan manajemen pemeliharaan, bukan hal yang mustahil pertumbuhan ayam broiler dapat melebihi standar performa.

Pada usaha peternakan ayam broiler, standar bobot ayam kerap dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan dalam mengelola ternak ayam broiler. Jika bobot ayam bisa melebihi standar saat panen tentunya akan sangat menguntungkan bagi peternak.

Maka dari itu, untuk memaksimalkan potensi usaha ternak ayam broiler, penting untuk mengetahui cara merawat atau melakukan manajemen pemeliharaan yang baik agar dapat mencapai IP (Indeks Performance) yang optimal untuk efisiensi.

Apa itu Manajemen Pemeliharaan?

Manajemen pemeliharaan adalah pendekatan yang teratur dan sistematis untuk perencanaan, pemantauan, dan evaluasi dalam pemeliharaan ternak. Termasuk pemilihan, pengelolaan pakan, perkandangan, perawatan dan pengendalian penyakit.

Jika ingin mengetahui cara merawat ayam broiler agar cepat besar, maka bisa dengan cara mengoptimalkan manajemen pemeliharaan ayam broiler atau ayam pedaging. Melalui cara ini dapat membantu mencapai standar performa ayam broiler.

Performa ayam broiler dapat dicapai dengan memperhatikan tiga faktor utama dalam manajemen pemeliharaan, yaitu:

  • Pemilihan bibit
  • Pemberian pakan
  • Penyediaan kandang yang harus memenuhi aspek kenyamanan serta kesehatan ayam

Dengan manajemen pemeliharaan yang baik akan memberikan hasil akhir yang baik pula, sehingga merawat ayam broiler supaya cepat besar dapat dilakukan dengan mudah. Meskipun pada prakteknya, peternak ayam kadang mengalami kesulitan karena belum terbiasa.

Cara Merawat Ayam Broiler Agar Cepat Besar

Adapun cara merawat ayam broiler agar cepat berkembang dan dapat menghasilkan daging berkualitas, peternak dapat menerapkan manajemen pemeliharaan ayam broiler yang melingkupi seluruh aspek perawatan mulai dari kandang, bibit dan pakan.

Berikut cara merawat ayam broiler atau ayam pedaging agar cepat besar dengan manajemen pemeliharaan, kunci utama keberhasilan ternak ayam broiler agar menguntungkan.

Cara Merawat Ayam Broiler Agar Cepat Besar
Cara merawat ayam broiler agar cepat besar

1. Persiapan Kandang Ayam

Kandang merupakan komponen penting dalam pemeliharaan ayam broiler. Pastikan kandang ideal sesuai dengan jumlah bibit ayam yang akan diternakan, hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan bibit DOC ayam broiler.

Selain itu, pastikan kebersihan kandang ayam broiler tetap terjaga, tujuannya untuk menghindari dan meminimalisir adanya jamur, virus dan patogen menempel pada kandang yang dapat menyebabkan ayam tidak sehat atau mudah terserang penyakit.

Adapun persiapan kandang ayam broiler yang perlu diperhatikan sebelum memasukkan bibit DOC ayam broiler, sehingga kebersihan kandang tetap terjaga yaitu sebagai berikut: 

  • Sterilisasi: tahap membersihkan kandang dengan desinfektan untuk memastikan kandang ayam broiler steril dan bersih sehingga ayam bebas dari penyakit.
  • Sanitasi kandang: cara ini untuk pencegahan bibit penyakit berkembang biak. Adapun tahap sanitasi dengan mencuci kandang hingga bersih dari kotoran.
  • Mempersiapkan litter: berupa alas kandang setebal 10 cm yang harus disiapkan sebelum memasukkan DOC. Litter diperlukan untuk kesuksesan saat brooding.
  • Kecukupan udara: pastikan kandang memiliki sirkulasi udara yang baik, komponen ini memiliki peran sangat penting dalam proses metabolisme ayam broiler.
  • Instalasi air minum: tahap ini untuk memastikan kebutuhan air minum ayam selalu terpenuhi. Anda bisa memasang tempat air minum manual atau otomatis.

2. Pemilihan DOC (Day Old Chicken)

DOC (Day Old Chicken) Broiler adalah anak ayam berumur satu hari yang dijual kepada peternak untuk dipelihara menjadi ayam pedaging atau ayam potong. DOC banyak dibudidayakan oleh peternak untuk menghasilkan ayam broiler yang berkualitas.

Memilih DOC ayam broiler yang berkualitas menjadi salah satu poin penting dalam memelihara ayam broiler. Dengan DOC yang unggul, peternak akan lebih mudah merawat ayam broiler agar cepat besar dan memiliki bobot sesuai standar performa.

Selain itu, DOC juga sangat menentukan keberhasilan merawat ayam broiler. Maka dari itu, ketika hendak memilih DOC ayam Broiler penting untuk memperhatikan hal-hal berikut ini: 

  • DOC harus sehat: dimana bisa dilihat dari bulu yang cerah dan kering, tidak ada kotoran yang menempel, tampak aktif, serta warna kaki dan paruh kuning cerah.
  • DOC tidak cacat: bibit ayam unggul dan dapat menghasilkan daging berkualitas tidak memiliki cacat, serta terbebas dari penyakit bawaan dari induknya.
  • DOC dari indukan sehat: pastikan DOC berasal dari indukan atau parent stock berumur 24 hingga 68 minggu dengan bobot telur tetasnya minimal 52 gram.
  • Perhatikan bobot DOC: berat rata-rata bibit ayam broiler yang unggul normalnya kisaran 35-40 gram. Jika bobotnya dibawah itu, maka kurang direkomendasikan.
  • Performa DOC: anak ayam dapat berkembang dengan baik dan laju pertumbuhannya cepat untuk menjadi ayam broiler yang siap panen diambil dagingnya.

3. Pemberian Pakan

Agar ayam broiler agar cepat besar dan dapat menghasilkan daging berkualitas, Anda harus pastikan pemberian pakan ayam broiler sesuai dengan kebutuhan nutrisinya, dan pemberian pakan tidak boleh asal-asalan atau hanya sekedar kenyang.

Ayam broiler membutuhkan pakan yang memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Pastikan Anda memberikan pakan berkualitas tinggi dan dalam jumlah yang cukup, tujuannya agar ayam broiler cepat besar.

Cara pemberian pakan ayam yang tepat harus sesuai dengan fase pertumbuhannya, agar nutrisi pada pakan diserap secara optimal dan pemberian pakan ayam bisa lebih hemat.

Berikut cara pemberian pakan ayam broiler berdasarkan fasenya:

  • Fase starter: pakan ayam usia 1-7 hari mengandung protein tinggi untuk menunjang pertumbuhan, mencapai target berat badan dan menjamin kesehatan ayam.
  • Fase Grower: pada ayam usia 8-21 hari sedang terjadi perubahan tekstur, maka nutrisi pakan harus menyesuaikan dengan pertumbuhan ayam broiler.
  • Fase Finisher: ayam usia 22 hari sampai panen memerlukan protein lebih sedikit, namun memerlukan sumber energi lebih banyak untuk keberlangsungan hidup.

Lihat: Perbedaan Pakan Ayam Pedaging vs Pakan Ayam Broiler

Manajemen Kesehatan Ayam Broiler

Hal yang tidak kalah penting dalam merawat ayam broiler agar cepat besar, yaitu manajemen kesehatan ayam broiler. Tujuannya untuk menjaga ayam broiler agar tetap sehat dari mulai ayam masih berupa DOC hingga ayam broiler siap dipanen.

Adapun salah satu manajemen kesehatan ayam yakni dengan melakukan vaksinasi. Pemberian vaksin biasanya dilakukan dua kali dalam satu periode pemeliharaan, pertama diberikan saat ayam berusia 4-5 hari dan kedua saat ayam berusia 21 hari.

Vaksinasi merupakan salah atau cara merawat ayam broiler agar cepat tumbuh besar. Dengan pemberian vaksin, pertumbuhan ayam tidak akan terganggu. Vaksinasi dapat membantu pembentukan antibodi ayam sehingga dapat mencegah penyakit.

Ada banyak jenis vaksin yang dapat diberikan kepada ayam broiler, namun pemberiannya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan usia ayam, agar pemberian vaksin ayam broiler dapat berjalan efektif dan ayam tumbuh berkembang dengan sehat.

Cara Ternak Ayam Potong Agar Cepat Besar

Ayam broiler atau ayam pedaging merupakan jenis ayam yang paling banyak dipelihara dan diternakkan di Indonesia, tujuannya untuk dimanfaatkan dagingnya. Hal ini tidak lepas dari permintaan pasar daging ayam yang masih cukup besar.

Jika Anda berniat memelihara atau ingin ternak ayam broiler, penting mengetahui cara merawat ayam broiler agar cepat besar supaya dapat menerapkan manajemen pemeliharaan yang tepat agar dapat menghasilkan daging ayam berkualitas.

Pakan Pabrik
Pakan Pabrik

Pakanpabrik.com hadir guna memenuhi kebutuhan informasi seputar pakan ternak [unggas, akuakultur, swine, ruminansia dan petfood].
Dengan segmen yang sangat khusus dan spesifik, pakanpabrik.com menyajikan serba-serbi industri pakan ternak dan hewan kesayangan Anda.

Articles: 158
Chat WA
1
Mau Bertanya?
Hi, bisa saya bantu?